Ini Kata Kapolres Malang Bersama Insan Pers Saat Diskusi Publik Dengan Tema “Ayo jadi Pelopor Anti Hoax”


Rabu, 09 Mei 2018 18:38:22 Dibaca: 8 Kali




Share media :
Facebook Twitter Google Digg Reddit LinkedIn StumbleUpon


Dengan mengangkat Tema “AYOO JADI PELOPOR ANTI HOAX DAN MELEK MEDIA” Muspida Kabupaten Malang, Polres Malang turut serta bersama insan pers melaksanakan diskusi publik dan Bhakti Sosial Donor Darah serta Deklarasi Anti Hoax yang diadakan di Pendopo Bupati Malang Jl. KH. Agus Salim 7 Kota Malang, Selasa, (08/05).
Dalam rangka Peringatan Word Press Freedom Day dan Bulan Jurnalis Televisi Indonesia, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Korda Malang dan dalam rangka HUT BHAYANGKARA, tampak hadir dalam acara tersebut Bupati Malang Dr. H. RENDRA KRESNA, Danrem kolonel Baladika Jaya diwakili oleh Letkol Inf NANANG, Kapolres Malang AKBP YADE SETIAWAN UJUNG, SH, SIK, MSi, Kajari Kab. Malang diwakili oleh M NINDRA, Danlanud diwakili oleh Letkol Sus SUGIANTO, Kepala Bank Indonesia Yudi Herawadi, Kepala IJTI korda malang Wahyu Wahyono, Kajari Kab. Malang, Pembina IJTI Korda Malang Bpk Geng Wahyudi, Dewan pers sdr. IMAM, Anggota TNI-POLRI, Kades se Kab. Malang, Para jurnalis yg tergabung dalam IJTI Korda Malang dengan peserta kurang lebih 250 orang.

Dalam sambutannya, acara yang di inisiasi IJTI Korda Malang, Wahyu Wahyono mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga acara ini bisa terlaksana. Saat bersamaan, saya sebagai Bupati mengucapkan terima kasih kepada IJTI dan berharap yang hadir dalam acara ini bisa menjadi pelopor anti Hoax dan bisa menyaring informasi-informasi dari berita yang ada, dimana saat ini informasi sangat cepat dengan adanya kemajuan tekhnologi tapi kadang kala informasi sering disalah gunakan sehingga melenceng dari berita sebenarnya atau beritanya benar tapi ditambahi atau dikurangi sehingga jadi tidak benar, ujar H Rendra Kresna.

Dengan adanya pelopor anti Hoax ini diharapkan masyarakat bisa menyaring berita-berita yang tidak benar, untuk di tingkat desa maka kepala desa harus bisa IT sehingga apabila ada masyarakat yang bertanya kepad kades maka kades bisa menjawab, ujarnya yang dilanjut dengan pembukaan acara diskusi publik dengan tema Ayo jadi Pelopor Anti Hoax.
Disela kegiatan diskusi berlangsung, Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung, SH, SIK, MSi  selaku Pemateri memaparkan bahwa dimana berita Hoax yang berarti berita bohong disebarkan oleh pihak tertentu untuk kepentingan orang yang menyebarkan, sejak 1971 email pertama muncul dan th 1981 website pertama muncul dan hingga sekarang sudah jutaan email dan website menunjukan bahwa kemajuan teknologi sangat pesat dan sangat cepat, berita-berita yang tersebar sampai saat ini dan celakanya saat ini berita berita dipergunakan untuk kepentingan kelompok tertentu dan ditambahi atau dikurangi untuk menipu, sebut AKBP Yade.

Sebenarnya berita Hoax sudah dipakai sejak zaman perang dan zaman sekarang berita-berita seperti berita-berita di koran atau berita televisi, dan bedanya media konvensional dan media sosial, media konvensional ada aturan-aturannya sedang media sosial tidak memilik aturan dan jabatan yang mengawaki serta berlangsung bebas, papar AKBP Yade.

Dengan adanya acara ini di harapkan kepada kepala desa yang hadir bisa menularkan kepada masyarakatnya untuk tidak gampang percaya kepada berita-berita Hoax, berita Hoax disebar untuk membentuk opini di Masyarakat sesuai keinginan pembuat berita Hoax dan berita Hoax bisanya dibuat dengan judul yang mengandung unsur provokatif untuk menarik masyarakat dalam membaca dan mengikuti berita Hoax tersebut, berita Hoax biasanya sumber tidak jelas dan minta disebarkan, dan Kesimpulannya bijaklah bermedia sosial agar jangan sampai terkena berita Hoax. Untuk mengantisipasi berita Hoax lakukan analisa cek dan ricek, konfirmasi kepada yang berkompeten dan tabayun, ujar Kapolres Malang.
 

    Berita Terkait



. Polisi Obok-Obok Tempat Mesum di Kabupaten Malang

. Pasca Kerusuhan di Mako Brimob, Polres Malang Laksanakan Sholat Ghaib Berjamaah dan Binrohtal Rutin

. SMP PGRI Gudo Jombang Juara Kapolres Malang Cup Futsal 2018

. Anggota Polres Malang Giatkan Pelatihan NEW SIPP

. Polres Malang Bentuk Tim Siluman Menyongsong Bulan Ramadhan

  Galeri Kegiatan


Kapolres Malang menyerahkan hadiah utama sepeda motor kepada pemenang
Kapolres malang menyerahkan gunungan kepada Ki Anom Suroto
Polres malang lestarikan budaya jawa dan kiat rekat dengan warga
Pagelaran wayang kulit HUT Bhayangkara 71
Gebyar HUT ke 71 Polres Malang
Arakan becak pelepasan purna tugas
Sunat masal gratis Polres Malang
Rangkaian acara HUT bhayangkara 71 Polres Malang
Pemotongan tumpeng HUT Bhayangkara 71
Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung SH. Sik. MSi
kapolres malang mengucapkan selamat berpuasa
ucapan kapolri
ucapan selamat berpuasa
Pendaftaran Tarua Akpol
TASYAKURAN PERAYAAN HUT SATPAM
GIAT SILAHTURAHMI KAPOLRES BERSAMA PENGURUS GEREJA,PELAKU USAHA DAN TOGA,TOMAS KAB.MALANG
GELAR PASUKAN OPERASI ZEBRA SEMERU 2016
 

  BERITA LAIN LAIN

Jelang Natal dan Tahun Baru, Polres Malang Gelar Latihan Tembak
Kapolres Malang Bersama Organisasi Pemerintah Daerah Beserta Ratusan Atlit Dan Masyarakat Peringati HAORNAS Ke-34
TIPS SINGKAT TANGKAL HOAX ALA WAKAPOLRES
Pendaftaran Taruna Akpol Polri Tahun 2017/2018
InfoPenerimaanPolri Syarat & Tata Cara Pendaftaran Polisi Online Tahun 2017
     

  Hot News


01

Polisi Obok-Obok Tempat Mesum di Kabupaten Malang

02

Pasca Kerusuhan di Mako Brimob, Polres Malang Laksanakan Sholat Ghaib Berjamaah dan Binrohtal Rutin

03

Ini Kata Kapolres Malang Bersama Insan Pers Saat Diskusi Publik Dengan Tema “Ayo jadi Pelopor Anti Hoax”

04

SMP PGRI Gudo Jombang Juara Kapolres Malang Cup Futsal 2018


  Terpopuler


01

Jalan Kaki 4 Km, Ibu Paruh Baya Berterima Kasih Sudah Diberi Tumpangan

02

POLISI GAGALKAN PERCOBAAN BUNUH DIRI

03

Polisi Peduli Lingkungan Itu Bernama Brigadir A.Yani

04

TIPS SINGKAT TANGKAL HOAX ALA WAKAPOLRES

Polres Malang @2018
Best view Mozila firefox, Goggle chrome